Sabtu, 25 Oktober 2014

KEGUNAAN REAKSI INTI DALAM PERTANIAN


a. Pemupukan
Untuk mengetahui tempat pemupukan yang tepat sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Unsur karbon dalam pupuk urea diberi label 14. Isotop C-14 ini memancarkan sinar beta dan berfungsi sebagai perunut. Pupuk kemudian ditempatkan pada tempat yang berbeda-beda dalam tanah. Setelah beberapa hari dapat diteliti keadaan tanaman dan berapa banyak pupuk yang diserap oleh tanaman.
b. Pemberantasan Hama
Selain cara pemupukan, daam bidang biologi atau pertanian radiasi isotop radioaktif dapat digunakankan untuk pemberantasan hama.
Salah satu sifat radiasi adalah dapat merusak sel tubuh. Bila sel tubuh itu adalah sel kelamin, maka radiasi yang efektif dapat menyebabkan kemandulan. Prinsip ini digunakan untuk memandulkan hama jantan. Hama jantan yang telah dimandulkan dilepaskan didaerah yang terserang hama. Perkawinan antara hama jantan mandul dengan hama betina tidak akan menghasilkan keturunan. Dengan demikian perkembangan populasi hama akan terganggu.
Cara lain adalah membuat tanaman menjadi radioaktif, misalnya tanaman coklat yang banyak dihinggapi serangga/hama diberi isotop radioaktif P-32. Serangga yang memakan daunnya menjadi radioaktif . Dari percobaan diperoleh bahwa beberapa serangga kadang-kadang tidak makan selama 24 jam. Berdasarkan keradioaktifannya dapat diketahui jarak yang ditempuh oleh serangga-serangga itu. Ternyata jaraknya tidak begitu jauh hingga dapat mencegah penjalaran hama.
c. Mutasi pada tanaman.
Penyinaran untuk memperoleh mutasi-mutasi pada tanaman dilakukan terhadap biji atau kecambah dari tumbuhan yang mempunyai arti ekonomi penting seperti padi. Bagi kecambah, dosis yang diperlukan lebih rendah karena kecambah mempunyai sel-sel muda yang aktif membelah. Sel-sel muda ini peka sekali terhadap radiasi. Banyaknya mutasi yang terjadi tergantung pada jumlah dosis radiasi yang diberikan. Bila dosis terlalu rendah, sedikit kemungkinan terjadi mutasi, bila dosis terlalu tinggi akan mengakibatkan hasil yang lebih buruk dari tanaman semula. Percobaan mengenai radiasi pada biji antara lain:
• Tanaman padi memiliki bulu-bulu yang dapat melindungi tanaman terhadap serangan burung.
• Tanaman memiliki cabang yang lebih banyak
• Biji padi lebih bagus dan lebih putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kalo mau ngasih masukan di kolom komentar yak😀