Selasa, 22 Agustus 2017

Selamat Datang Mahasiswa Baru !! Berbagi Pengalaman Kuliah di Pertanian


 Hallo, Mahasiswa Baru (Maba) tahun berapapun! (ttp aja yak adek tingkat gw jadinya) :D
Wah lagi seneng-senengnya yah ketrima di universitas favorit kalian :D yang belum keterima atau yang keterima tapi salah jurusan, jangan patah semangat yak! aku juga ingin berbagi pengalaman seputar lika liku masuk kuliah wkwk yang menurutku cukup berbeda sama yang lain haha..
dari sekitar 5 peristiwa yang paling berkesan didalam hidupku, setidaknya aku ingin membagi 2 saja hehe (apaan sih)...salah satunya ini nih, langsung aja dah 

btw aku baru sempet nulis soalnya kelupaan mulu -.-
oke, jadi gini. dari awal sekolah aku tidak terlalu suka sama yang ngitung-ngitung. makanya, aku cukup khawatir di sekolah. tapi, hal ini bukan berarti aku tidak bisa menguasai segalanya. materi hafalan dan teori-teori cukup bagus jika aku kerjakan dengan baik. Makanya, jika dibuat grafik, sangat berbeda dengan materi yang itung2 yha wkwkw

lanjut. alhamdulillahnya walaupun tidak suka aku selalu berusaha sehingga rangkingku masih tergolong baik. hingga akhirnya aku menduduki kelas XII SMA (langsung bae wkwk). aku galau memilih jurusan kuliah (biasa banget ini, udah kaya  ga punya tujuan aja wkwkkw) orangtuaku guru dan kebanyakan keluarga ku kuliah di bidang guru, bidan dan pertanian. Akhirnya dengan tiba-tiba(karena waktu milihnya dah mepet banget dah suruh setor ke BK aku jadi memilih jurusan pertanian (ngelihat dari paman wkwkw) tanpa tau apa yang aku lakuin ntar pas kuliah, macul, jalan disawah, main di lumpur? duh semua itu muncul di pikiranku 

Saat masukin data SNMPTN 2014 (aku lulus 3 tahun lalu dari SMA gengs hehe sekarang dah mau lulus kuliah, aamiin gak kerasa wkwk), tidak ada yang aneh. Saat konfirmasi data, aku lupa apakah aku sudah mengeceknya ulang atau belum namun aku yakin sudah. Aku memilih di SNMPTN yaitu agribisnis di Universitas Diponegoro dan Agribisnis di Institut Pertanian Bogor (Jurusan lain aku lupa, tapi masih pertanian kok), dengan urutan 1-2(kayanya salah taruh :/). Tadinya aku pengen nulis kehutanan UGM tapi aku ganti semarang karena daerahku masih Jawa Tengah (Pengen banget padahaal, harusnya kucoba aja atau ikut testt nya siapatau ketrima wkwk)

Singkat saja, hari pengumuman tiba. Aku lolos Agribisnis Undip wkwkwkw (Aku gatau nih harus gimana, aku cek nilainya ketuker dengan nilai teman ku yang absennya dibawahku sampe sakit mikiriinnya wkwk) ke Semarang untuk mengkonfirmasi nilaiku karena harus sama dengan raport. Ternyata setelah aku sussah2 kesana dan verifikasi, iam failed! :((( :D rasanya kaya kehilangan arah wkwkwk

Abis itu aku langsung balik, kaya orang yang bener2 gagal wkwk, aku tetap belajar dengan sebuah ketakutan karena aku tidak suka menghitung (kalo SBMPTN atau SPMB kan banyak ngitung pasti, trus ada UMB juga dulu).

Dengan setengah niat aku belajar lagi untuk ikut test SBMPTN, bahkan aku males-malesan ikut les di primagama, kaya dah gamau punya mimpi. Pas lebaran aja ditanya mulu diterima dimana mending diem aja :v disaranin masuk swasta aja kaya UNY, UMP dkk nya, BINUS, dkk aku kawatir soalnya rata2 keluargaku masuk negeri -.- itu jadi beban pikiran aku saat itu.

Btw aku lupa yang SBMPTN nya gimana wkwk langsung ke ujian mandiri aja dah hehe, aku pengen nyoba UGM UNS UNAIR tapi gak sempet karena jauh dr sini -_- akhirnya aku nyoba ke yang paling dket sama daerahku, universitas yang negeri juga, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (UNSOED), padahal sebelumnya aku gak pengen kuliah yang deket (pengennya jauh, nyari pengalaman maklum anak muda yang sukanya jalan2 belum terlalu mikirin kedepan haha).

oh iya sebelumnya aku ikut UM nya IPB waktu itu puasa2 wkwk eh ga keterima haha mungkin kemampuan yang masih kalah atau emang kalah saing sama anak sananya, dengan masih mempertahakankan jurusan agribisnis (ngambang, bermodal dari denger2 paman ngambil pertanian, trus ada bisnis2 nya kaya manager gitu, kan mau masuk ekonomi atau manajemen yang jurusan ips ga boleh, kudu ipa  sama ortu :v)

Finally aku coba deh ikut UMBT Unsoed (waktu itu masih ada) dan bisa milih bebas 7 jurusan (milih acak, pikiran juga kacau karena ga keterima di IPB :") Jadinya aku masukin dah semuanya jurusan kesehatan, peternakan (padahal aslinya ga minat kesini huhu males) dan pertanian (baru tuh searching tentang agroteknologi, alternatif lain selain agribis mbok ga keterima haha).

Dan setelah test (masih sangat ragu2 ga keterima) dan pengumuman, iam failed (again) :((( udah, disitu aku ngerasa gagal banget, dah males ujian, kayanya dah pengen nyoba yang swatsa aja -_- tapi Unsoed membuuka lagi tak selang beberapa lama yaitu SPMB (ujian terakhir aku dah pesimis banget failed bae huhu) dan hanya ada 2 jurusan aku ambil agroteknologi (pertanian) dan peternakan (udah pol2an)

Aku tes lagi dengan modal belajar se mood nya, dan pengumumannya gak jauh2 hari. pukul 03.00 aku sengaja buka pagi2 buta biar gak shock wkwk but ternyata I Did It!!! Aku diterima di prodi Agroteknologi Universitas Jenderal Soedirman (Alhamdulillah, gak mundur waktu kuliahku, pengalaaman baru nih apaan tuh agrotek) pikirku saat itu..


Ya, Ini aku. mahasiswa Pertanian prodi Agroteknologi Unsoed (hingga saat ini akreditasinya masih A dan gak kalah sama univ lain) angkatan 2014 yang saat ini mengambil peminatan Hortikultura. Aku bangga setelah kuliah selama 3 tahun, aku yang tidak terlalu suka menghitung bersyukur bisa masuk agrotek karena tidak terlalu banyak (itungan) di materinya hehehe (penelitiann juga pake ngitung haha harus bisa!!!)Aku bersyukur, di agrotek (laporannya banyak banget tulis dan ketiknya, gakpapa, jadi handal!) aku mempelajari pertanian secara luas, mulai dari pembibitan hingga pemasaran (mencakup agribisnis). Aku suka, aku jalan-jalan, aku mulai mencintai pengetahuan dan praktek tentang pertanaman, aku suka semuanya, penyuluhan, praktik di lapang, karena pertanian itu luas banget!!! prospek nya banyak. Peminatan di prodi Agroteknologi fakultas pertanian Unsoed aja banyak, ada sekitar 6 peminatan yang pasti prospek nya juga cerah :))) aku bersyukur dan terbukti aku mampu bagus di setiap pencapaian studiku persemesternya. Aku sangat menikmati setiap prosesnya. Pesanku, jangan takut salah jurusan, jangan menyesali jurusan yang harus dijalankan, karena itu bisa jadi awal dari rencana-rencana Allah yang memang terbaik untukmu. Nikmati saja prosesnya..

duh nulis apa lagi ya wkwk..
aku udah PKL di tempat agrowisata untuk tanaman jeruk di Kota Batu seru banget jadi pengen kesana lagi, dan sebentar lagi aku KKN untuk mengabdi ke masyarakat desa, lalu penelitian/skripsi, seminar, ujian skripsi dan pendadaran, yudisium hingga wisuda di tahun depan. doakan selalu ya supaya sukses, waktu berjalan cepat gaes, jangan sia-siakan, apalagi menyesali :) ;) aku semester 7 sekarang, dah ga ada mata kuliah wkwk dah habis semua tinggal santai2 eh skripsweet wkwkkw

btw sekarang aku lagi masa pemulihan fraktur tibia wkwk (jatoh bis jalan2) tapi kuliah, uas dan uts alhamdulillah dah lancar. doakan segera pulih yha hehe.kangen kampus nih kangen purwokerto walaupun deket dan dah ga da kuliah tp kangen semua temen2 juga hehe, next time aku bakal posting pengalamanku fraktur tibia, tapi kalo dah sembuh total yah hehehe

makasih dah baca pengalaman yang dah lampau banget ini wkwk semoga jadi pelajaran dan motivasi kalian yah, hidup mahasiswa! See You!! Dont Forget to Comment :p

Ini nih sedikit foto jalan2 selama kuliah jurusan agrotek :)




gimana, seru kan di agroteknologi wkwk ntar bisa dilihat tuh lebih jelasnya tentang agrotek di postinganku yang judulnya paragraf agroteknologi :) Bye! (Tangan dah pegel ngetik wkwk)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kalo mau ngasih masukan di kolom komentar yak😀