Senin, 15 September 2014

Draft Program Kreatifitas Mahasiswa


PKM - K
 
 
Nama Lengkap          :  Prisma Nurul Ilmiyati
Fakultas / Prodi         :  Pertanian / Agroteknologi
NIM                           :  A1L014193


Rahasia Yoghurt Kulit Buah Naga Merah(Hylocereus costaricensis)

1.        Latar Belakang Masalah
Buah naga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Selain rasanya yang manis dan segar untuk dinikmati, sejumlah khasiat pun dipercaya terkandung dalam buah satu ini.
Tak  hanya daging buahnya yang memiliki rasa dan khasiat, kulit buah naga yang selama ini jarang digunakan, ternyata juga memiliki khasiat tersendiri. Khasiat kulit buah naga ini memang masih belum banyak diketahui masyarakat yang selama ini hanya menikmati daging buah naga.


2.        Gambaran Umum/rencana pembuatan program
Untuk menjadi sebuah yoghurt, kuliat buah naga diolah melalui dua tahap utama, yaitu tahap pemasakan dan tahap inkubasi. Kulit buah naga yang telah dibersihkan dan diolah tersebut selanjutnya dihaluskan menggunakan blender.
Pada tahapan ini, kulit buah naga yang digunakan sebanyak 500 gram yang dicampur menggunakan 500 mililiter air mineral. Setelah menghaluskan kulit buah naga, adonan disaring menggunakan kain saring untuk mendapatkan sari kulit buah naga.
"Selanjutnya, sari kulit buah naga tersebut dimasak dan dicampur bersama susu cair putih dan dilakukan pendidihan hingga mencapai suhu 90 derajat celsius yang bertujuan untuk menghilangkan kadar air dan melakukan sterilisasi, sehingga nantinya bisa menjadi yoghurt yang bermanfaat


3.        Manfaat/Kegunaan Program
o   Memberi  wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa tentang berbagai manfaat buah yang jarang diketahui oleh masyarakat umum
o   Menciptakan peluang usaha baru yang jarang atau belum pernah dikembangkan sebelumnya
o   Menambah kreatifitas mahasiswa sehingga lebih banyak berkreasi dan bermanfaat
o   Memanfaatkan bagian buah yang biasanya dibuang dan menjadikannya sesuatu yang berguna bagi kesehatan
o   Mempelajari kandungan dari bagian buah yang jarang diketahui dan diabaikan oleh masyarakat luas.


Tidak ada komentar: