Sabtu, 07 Februari 2015

SKEMA TRANSPORTASI TUMBUHAN

EKSTRAFASKULER
Bulu akar epidermis korteks endodermis xylem.
Pada saat air dan mineral melalui jaringan-jaringan tersebut, ada dua kemungkinan jalan yang dilalui, pertama, air dan mineral akan melalui ruang antar sel dalam setiap jaringan. Pengangkutan semacam ini disebut Apoplast. Kedua, air dan mineral bergerak melalui jalur dalam sel yaitu sitoplasma. Air akan masuk ke dalam sel dan berpindah dari satu sel ke sel yang lain disebut Simplast. Pengangkutan secara Simplast dapat masuk ke stele melalui sel penerus pada endodermis, sedangkan pengangkutan secara apoplast tidak dapat sampai ke stele karena terhalang oleh sel U endodermis.

INTRAFASKULER
 Air dan mineral dalam tanah masuk melalui buluh akar – epidermis – korteks – endodermis – perisikel dan akhirnya masuk ke xilem. Di dalam pembulu xilem air dam mineral di bawah naik ke seluruh tubuh termasuk ke daun.

PARAGRAF AGROTEKNOLOGI



Agroteknologi adalah salah satu jurusan kuliah yang termasuk dalam jurusan –jurusan yang ada di fakultas pertanian. Agroteknologi dipopulerkan mulai tahun 2007 hingga tahun 2008 sebagai jurusan baru ilmu pertanian yang lebih kompleks. Di Agroteknologi studi akan dilanjutkan ke peminatan  sub-sub bidang pertanian, antara lain adalah agronomi, hortikultura, pemuliaan tanaman, ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman , serta agroekologi. Agroekologi adalah studi peminatan yang baru dibentuk pada tahun 2013. Agroteknologi berasal dari dua kata yaitu agro serta teknologi. Agro berasal dari agronomi yaitu ilmu yang mempelajari gejala (fenomena) dalam hubungannya dengan pertanian atau teori serta praktek dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman. Sedangkan teknologi berkaitan erat dengan sains serta perekayasaan. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi serta energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya. Perlu dipahami bahwa teknologi yang dimaksud di sini itu bukan teknologi berupa mesin-mesin pengolahan hasil pertanian, atau hubungannya dengan teknik pertanian, jadi dalam jurusan agroteknologi kita tidak akan mempelajari bagaimana cara merakit mesin untuk keperluan pertanian.
   
Di Agroteknologi kita akan mempelajari mengenai pertanian secara mendetail. Kita akan tahu bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari saat berbentuk bibit sampai berbentuk hasil dan selanjutnya diolah menjadi sebuah produk pertanian. Kita akan mempelajari tentang tanaman dan tumbuhan, pangan ataupun hortikultura, serta bagaimana cara proses menanam yang baik sehingga hasilnya memuaskan, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi hasil pertanian. Di Agroteknologi kita akan lebih fokus ke hal-hal yang berkaitan dengan ‘tanaman’-nya itu sendiri dan juga mengenai hal-hal yang menyangkut dengan proses penanamannya. Kita  dapat memilih fokus ke membudidayakan tanaman, memuliakan tanaman, merekayasa tanaman, melindungi tanaman, fokus terhadap tanaman perkebunan, atau fokus ke bagaimana cara membuat dan menghasilkan serta menggunakan pupuk dan pestisida dengan baik, atau dapat meneliti tentang baik tidaknya suatu tanah di suatu wilayah untuk ditanami oleh suatu komoditas. Sebagai dasar dari pertanian.
Lulusan agroteknologi memiliki banyak prospek kerja. Lulusan agroteknologi dapat bekerja sebagai Pengusaha pada sebuah perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan, menjadi Pengusaha atau pelaku bisnis pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dll. Mengelola Perkebunan-perkebunan baik milik pribadi, pemerintah, maupun swasta, nasional dan multinasional. Bergabung di Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembangan/Litbang), Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan dinas-dinas teknisnya, lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah dan swasta. Juga dapat bekerja di sektor lainnya seperto Bank, Universitas, badan pertanian, dll.
          
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa agroteknologi adalah sains serta perekayasaan dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman untuk mendapatkan perubahan yang lebih maju/baik. Intinya di Agroteknologi kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang berbau bahan pangan secara mentah. Bentuknya produksi serta hal-hal yang berkaitan dengannya. Hal tersebut antara lain tanah sebagai media tanam, pupuk sebagai pemberi nutrisi dan sebagainya. Selain bergerak dibidang pertanian, lulusan agroteknologi dapat bekerja diluar sektor pertanian seperti pegawai Bank, Guru, Dosen, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal). Banyak prospek kerja yang akan ditawarkan.






ENVIRONTMENT'S ARTICLE



Environment, inevitably, always overshadow the human life. We as human have a life from the materials supplied by the surrounding environment. The environment is the first and primary source of our life. Its presence in the earth cannot be ignored and should be maintained well.
We take advantage of all the environment for the purpose of their life. When building a house, we cut the trees to get wood as a foundation.
When hungry, we pluck the vegetables from the plant to be cooked. We take the water from well and river for drinking, bathing, washing, and other needs. That’s just a bit of an example because there are many other things that humans do to take the advantage of the environment. Other living beings also use the environment for survival, such as animals that eat plants and other animals to survive.
In addition to meet the life needs of primary, secondary, and tertiary, the environment has many other roles. It directly stimulates people to think more critical in order for developing the functions much more than before. Buildings, houses, temples, reservoirs, parks, and other objects are the result of human creations when they decided to utilize the surrounding environment.
From the description, it is clear that living beings cannot be separated from its environment. Living things and the environment affect and need each other. The loss of one of these elements will affect the survival of inequality each other.
Well-managed environment will result in the prevention of environmental damage. Environment with good management could potentially protect the ecosystem and prevent the exploitation. The main principle of an environmental management is using something properly.
Environmental management can be done by managing natural resources. There are some efforts to manage natural resources. Concerted effort was divided into several activities, namely:
  • utilization
  • control
  • supervision
  • recovery
  • development
These five things should be done properly so that the environment can be maintained continuity. Environmental sustainability is a main point of human welfare that from day to day has increased the demand. Furthermore, the management must also be accompanied by a human consciousness to preserve the natural resources available in the vicinity.
Environmental management should be done gradually so that the end result is satisfactory. Every action must pass through the planning phase, the implementation of the use, control, and the development.
The Norma of Natural Resources Utilization
  • Humans exploit natural resources with harmony and respect the other living beings.
  • The environment can be utilized by all organisms.
  • It needs to do the preservation of natural resources. Preservation is done in stages, but it is effective and efficient.
  • Use the resources well and attempt the recycling.
  • Humans should be able to play an active role in managing, supervising, utilizing, and they are also responsible for the preservation of the environment.
  • Applying the technology to harness the natural resources due to limited human capabilities.