Selasa, 23 Juli 2019

Perjalanan Kuliah NanoNano (A Closing)



Dan gw pas mau tidur (jam 23.18) abis minum anlene gw jadi pengen ngepost satu tulisan lagi ttg kuliah gw wkwk. Kek niat yak tapi. Serba dadakan tiba2 posting setelah blog 1 tahun gak keurus:( (Nb. Skali2 pake gw2 lah ya:p)


Mandi makan dulu gih soalnya panjang wkwk.





Oke langsung aja ke cerita gw. Jadi gw dulu daftar SNMPTN dan keterima di Undip semarang (udah nyri2 kosan dan udh nginep dong). Gw gak ambil krn disaranin om gw kalo mau ngambil pertanian yaudah fokus. Wktu itu pertanian masih baru dan gabung sama peternakan. Oh iya, aslinya gw suka ips. Nilai ekonomi gw 100 dong (pdahal gw disuruh masuk ipa dan gak suka fisika dan mtk:( kimia masih mending:( tadinya gw pengen masuk jurusan HI atau ekonomi wkwkw. Tp yaudah gw turutin ortu ngambil ipa kali aja ada berkah. Gw ngambil pertanian krn bgung mau masuk apa. Dan juga om2 gw beberapa sukses pas ngambil jurusan pertanian tp pd di IPB. Suka biologi tp mau masuk bio saingannya bejibun. Yaudah gw ambil Agroteknologi (krn awalnya gw pikir teknologi pertanian).


Ini salah satu foto praktikum gw. Tapi laporannya ogah wkwk


Gw ngambil agroteknologi di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) angkatan 2014. Sebenernya asal mulanya gw gak mau masuk unsoed krn deket :( dan jauh dr perkiraan gw. Tes ipb udah sih tp ga lolos. Emang persiapan gw dan emang gw ga mantengin tanggalan ujian jadinyanya gtu dapet yang mepet2:(  (udah bomat, les dadakan di slawi jg udah di primagama tp gw udah males belajar haha jenuh). gw masuk jalur terakhir huhu gapapa yg penting kuliah di negeri (gtu pikir gw) sempet pesimis soalnya soal mtk byk yg gw tinggal krn drpd salah dan skor-1 wkwk. Buka pengumuman jam 3 pagi dan ga nyangka lolos. Emg gw ditakdirin di sini (kadang jgn terlalu idealis biar gak kecewa2 bgt).


Awal kuliah gw masih sangat malas dan jenuh krn gw pengennya di kota gede wkwk. Tp gw berpikir kalo ga gw jalanin eman2 toh jg umur gw makin brrtambah dan ga ada proses yg sia2. Alhasil, gw mulai tekun kuliah pagi, praktikum tiep hari laporan tiep hari (jurusan gw laporan tulis tangan banyak sampe teol wkwk) gw lakoni, berangkat pagi ke lab dan ke sawah serta ikut UKM jurnalistik gw lakoni dengan niat sampai pergi pagi pulang pagi hanya untukk..(eh malah nyanyi -.-). Oh iya, gw jg kangen rebutan kelas server down demi dosen baek, sampe pas di jalan, distasiun gw mantengin "sia" biar kalo ada slot kosong langsung klik wkwkwk sampe beberapa kali ngebatalin kelas dan bolak balik ketemu dosen PA(pdhal stiap ketemu ditanyain macem2)


Ini foto beberapa kepanitiaan awal2 gw






Gw ikut kepanitiaan sampe batas akhir angkatan, bidang gajauh2 dr publikasi dan humas haha. Menurut gw sih agak rugi kalo jd mahasiswa kuliah pulang (kupu2) bukan kuliah rapat (kura2) apalagi gw tipe org gabutan, mayan buat mengasah diri. Toh jg gw kaya gni dpet pengalaman ya dr itu semua. Berkali2 ke bumper purbalingga yg angker jagain dede emesh sampe kadang mo ketiduran ditangga aula tp gajadi takut pas natap hutan liat sesuatu kwkwk. Jadi pengurus gw cukup keteteran diawal. Bolos kuliah buat ngerjain laporan, dibawa kr sekre dan tidur di sekre, pulang pagi2 langsung praktikum sampe down krn kurang tdur (apalagi pas laporan mikro dan tetep aja laporan tulis tangan gw tertebal serombongan, jeda tdur 5-10 menit trus bangun lagi buat nempelin dokumentasi2 dan acc yg bgtu banyaknya sampe mo nyerah gtw harus apa dlu yang dikerjain, mnum kopi kapal api item soalnya good day gak ngaruh bak jajan wkwk) dan beberapa nilai gw juga ada yg kurang maksimal. Tp itu diawal. Lama2 trrbiasa asal dinikmati👌seiring berjalannya waktu di akhir2 laporanku mulai menipis haha (fyi. Hrs hemat anak kosan mah, pengeluaran banyak, makan mehong sekali doang abis itu nyari nasi telor atau yg harganya 7rebuan).
tiba2 gw inget pas ujian rancob ngulang (soalnya byk yg dapet D Dosennya susah kuliah aja mumet pake yang tulisan ditampilin di layar dan itung2an nya lewat excel yg mudeng dosennya sendiri wkwk kita pd tdur dan itu 3 jam an lamanya). Waktu itu kita minta remidi dan kursi dipepetin dong wkwk (kongkalikong sama kating yg ngulang juga) dan alhamdulillah ga diomelin dosen alhasil dapet C hahaha (yg penting kaga dapet D dan kaga ngulang)


gw di agc kangen diomelin kaka senior, kangen kerjaannya makrab mulu, kepanitiaan ga kelar2, bolak balik ke sekre abis kuliah dr gapunya mtor sampe bawa mtor, kdang numpang makan nasi mendoan doang di mba rini, numpang wifian, nyari awetan2 dan kalo lagilucky ya nulis opini terbit di kompas eh hahaha* (mayan foto mejeng di kompas, dpt hadiah lagi sayangnya udah bukan jaket lol) bolak balik jalan kaki dr kampus ke sebrang, pas lomba pidato inggris sampe gw kesiangan dan juara 2 wkwk, rapat rdr ga kelar2, pas upgrading ketiduran mulu ngantuk bgt sampe pas ada kecoak baru ngantuknya hilang>.< makan diburjo jam 3 pagi sampe dikira abangnya lagi saur wkwk. balik dini hari jalan kaki rame2 lewat belakang mipa (skrg dah ditutup) trus nginep dan diinepin kemana2. keknya dulu pas maba gw sama dosen aja sibukan gw haha. Bela2in juga ke unsoed pusat jalan kaki (skrg kek jauh bgt cape bgt) buat dateng paguyuban Brebes Selatan. Yaampun niat banget gw.


Ini beberapa foto gw bersama UKM lpm Agc (fto pertama paling mager nyebrangnya:()
ini di Metro TV kebon jeruk Jakarta



Semester 6 apaya kalo gasalah gw cuti (tau kan kenapa) trus gw harus ngulang 2 matkul praktikum biar dapet A. Gw masih inget bikin taman puasa2 dan jadi tau rasanya nyemen batu wkwkw. 



Inget juga pas bangun pagi abis subuh bgung mo mandi apa kaga soalnya langsung ke sawah pengamatan jagung, alhasil udah mandi ngangkat2 batang jagung yang panjang pake motor haha abis itu langsung kuliah, kadang tdur doang dikelas atau ketiduran dikosan sampe hampir dicekal (untung dosennya baik wkkw). Padahal kosan gw belakang faperta persis tp masih suka dtg telatan, kdang saking telatnya lebih milih jalan kaki lwat jalan tikus drpd ngeluarin mtor dulu haha. Juga inget pas praktikum naik bus mini teguh yang wow haha (bus unsoed dipake pas ke metrotv doang sm agc) dan ke hutan pake autan, ngehindari baju gelap biar g digigit nyamuk.

trus tunjuk2an siapa yang ngukur ketinggian air di sawah dan pengalaman praktikum lain yang superduper wkwk (bersyukur bgt gw di agrotek, taneman dr biji sampai pascapanen ada semua). Gw jg bersyukur bareng sama rombongan 8 (nim2 akhir jabar euy) yang baik dan ttp semangat dalam menjalani rutinitas praktikum dan laporan selama ini. sering nongbar dr alun2 sampe mendoan kriuk baturraden wkwk. Saking niatnya sampe pas mumet acc ada yang nangis uluuluuzheyeng:*

Sedikit pengalaman unik gw selama kuliah.-pulang dr sekre jam 5 nginep ngejar deadline berita sampe solat subuuh di musola kampus, ketiduran dikosan bangun2 telat kuliah. Gak berangkat akhirnya kena cekal gabisa ujian krn udh bolos 4x. Untungnya dosennya pd baik suruh ttd huhu-pas ujian disuruh ngerjain tugas dan gw bener2 lupa sampe pas jam istirahat gw kebut kerjain trus abis itu ujian lagi. Gokell-pas abis pengamatan gw ketiduran trus kesiangan jadi gak mandi kuliah. Cm modal masker dan jalan kaki lewat jalan tikus gara2 lama ngeluarin motor wkwk.-pas ujian gw ngerjain semua soal pdahal pas itu suruh milih nomer, gak semuanya. Sampe tak tulis permohonan maaf mbok nilai dikurangin lol-pas ujian gw lupa nulis nama dilembar jawaban sampe ngejar2 dosen pdahal susah orangnya sibuk:( Dan masih banyak lagiii wuehehehe


Squad rombongan 8 terwacana


PKL gw seru di Batu (awalnya mau di bogor tapi ternyata gabisa di balai horti padahal udah survey ngebolang berdua di bogor bareng temen dan ke mekarsari lagi trouble), ujung2nya cuma keliling bogor ke kebun raya dan ke mcd ketemu temen gw



akhirnya ke malang krn gw bosen neliti sayur gw pengen buah (ujung2nya milih penelitiannya sayur lol) dan jabar udah gabisa buat PKL. Tinggal Batu dan Sumatra. drama pas survey dadakan udah mepet gw dan temen bertiga nekat naik bus patas ke terminal batu (terlama naik bus 13 jam mana gatel belakang gw) dan disana kek orang ilang naik ojek mahal bet susah buat keatas kaga ada kendaraan. baliknya kereta sebelum gw mogok akhirnya macet totall gw gabut dikereta dan ujung2nya tiket hangus jogja ke pwt, gw bolos kepanitiaan makrab gw dipurbalingga, dan mbolang di jogja nyari2 travel , dapetnya yg eksekutif gw nonton sepanjang jalan buat ngusir bete haha)😧. Gw pilih Batu dengan suhu dinginnya, susah ojek keatas, jalan naiknturun sampe laper (awal2nya dgn spatu boots dong) kadang takut sama anjing yg menggonggong, gak ada motor adanya motor astrea dan gw doang yg bisa bawa, mau beli pulsa harus turun kebawah, kangen ketan legend di alun2 dan tahu telor bu Ji depan kusuma agrowisata. ahh kangen semuanya. Malming niat jalan kaki ke alun2 batu yang masya Allah jauhnya wkk. Masak sendiri setiap balik pkl ke warung(waktu istirahat ke kerja cepet bgt rasanya), ke kebun makan pagi bersama para pekerja, main ke pasar apung, belabelain nyewa mobil dan nyari yg bisa bawa mobil buat turun main ke malang, 
wisata paralayang
daily activity gw di kebun jeruk kusuma

mau ketemu temen SD eh udah di bus: pdhal ga ketemu puluhan tahun :( mau ke bromo gajadi duit mepet :( ke stadionnya arema gaboleh krn suka bola sendiri :( ahh lagi lagi aku kangen 30 hariku di Batu..balik pkl diliatin org2 sekereta gara2 bawa apel malang, jambu kristal bahkan jeruk keprok sampe berkilo2 hahaha kek bwa batu..




Trus gw KKN agak telat krn abis pemulihan. Walaupun terjadi kehebohan di minggu terakhir tp aku ttp kangen masa KKN di Tegal (tadinya mau jauh di pekalongan tp mager sama tracknya), yg awalnya waktu trrasa begitu cepat berlalu, makan nasi terong depan posko, nonton film horror malem2 klo gabut ke KFC tegal dan ke Mcd, ke richeese kabur sama temen ke rita park juga main sekaligus numpang foto di ritapark, bimbel dari pagi sampe malming wkwkw, zumba sama warga desa yang sangat diusahakan sampe bayar gede dan bawa panggung gede pake motor wkkwk, ngadepin bidan jutek buibu, santai2 bareng, nyanyi2 bareng pake gitar, dimasakin gw tinggal makan doang hahaha, jajan tinggal ke indomaret, kadang beli di madrasah, ngajarin anak di madrasah yang tangganya serem curam banget, bolak balik ke pak sekdes yang baik dan hitz punya usaha salon, diledekin sama anak2 desa lain, makan di lamongan yg deket, makan ketoprak, ke PM udah bubar, kabur cerita2 gajelas, dan gw bawa ember gede malah dibolongin demi proker gw sndri wkwkkw kangen pokoknya!!!






Oh iya maapin fotonya ada (/) nya soalnya ss an sosmed, gatau lagi yg asli disave nya di difolder mana haha


Penelitian sampe skripsi gw gak mulus. Dosen gw killer dan gw baru rasain pas skripsi. Pas awal2 gw masih bomat wkwk. Kaget. Gw jalanin, sabar, ngikutin apanyang bapaknya mau. Mumet banget ngurus rumus2 yg kebanyakan peminatan bapaknya bukan peminatan gw :( awal penelitian di screen dan selada gw kerdil, kepanasan padahal ngolah tanah dan mindah tanah yang puluhan kilo hampir setengah ton itu hampir sendirian gw dorong2 pasca pulih, paling wktu itu yg bantu dkit soalnya pd penelitian jg sbuk (Allah maha baik, keadaan gw baik dan bagus) sampe hampir pingsan krn wktu itu gw puasa.
gw gak nyangka klo ngeliat foto ini, taneman selada gw ini bakal kerdil terus sampe gw ngulang huhu :(

udah banyak yang dilakuin utk screen termasuk memperbaiki screen dll. Gapapa semoga bermanfaat utk fakultas. Pernah pas magrib2 gw nyiram sampe gelap gw gelagepan takut sndri. Mana mtor mgok sampe mjem temen kosan. Sebelum disuruh gw minta ulang penelitian. Cari sana sini dan dapet di Melung dadakan. Langsung jauh2 15 km aku naik mtor kesana, dan utk mindahin polybag 54 (gak seberapa, tp berat bgt 7,5 kg) dan temen gw yg baik meminjamkan mobilnya dan mengantarkan gw ke melung (rasanya baru kmren, makasih bgt semoga Allah membalas kebaikanmu, gak akan kulupakan). Gw cuma bisa bayarin cuci mobil huhu.bapak melung jg berjasa bantu gw mindahin polybag yang begitu berat dan nata2 di screen. Makasih Pak.

Ini foto iseng gw di Melung

Ibu Melung yang baik, suka nawarin makan, bantu nasehatin kalo salah nyemai, kdang bantu nyiram, bantu misahin gulma, bantu ngasih pupuk kandang dll. Kadang suruh mampir kerumah cuma buat ngehabisin makan. Makasih banget Bu :') 15 km jauhnya tp gaberasa krn nyaman:') dan dikira gw jalan2 mulu pdhal emg jalannya kek ke puncak namanya jg mo kebaturaden(magernya ps sabtu/minggu weekend dong macet dan isinya orang berduaan hmm). Bosen iya, gak setiap hari ngajak teman padahal nyiram hampir stiap hari. Boros bensin iya. Gabut iya, sampai gw daftar aerobik setiap sore wkwk padahal cape jg ada les Toefl malemnya. Tp gw nikmatin. Kadang balik dr melung takut2 gtu soalnya sepi sndrian tp gw berusaha ttp tegar.

Ini foto Bapak dan Ibu Screen Melung Penelitian






Hingga akhirnya panen, berlelah2 ria sampai hmpir pingsan ngebut ngurus ini itu sampe dibantuin anak kosan, belum nimbang2nya minjem sana sini, pinjem fc an orang, dll makasih banget yg udah mau bantuu gw:(( sampai pusing numbukin daun selada buat analisis vitamin C, bayar mahal buat analisis protein mana mati lampu mulu labnya yaampun sangat berkesan :(


Berat memang. Tapi aku ttp tegar. Kadang mengalihkannya nonton film horror (dan jadi film addict ya, udah stop dramkor bahaya bsa gatidur sampe pagi, galau dan kebawa mimpi), nonton konser, karaoke dan ke cafe. Jarang bgt jalan jauh. Purbalingga doang apaya. Pernah sampai pd titik putus asa gatau lagi bapak dosen maunya apa. Tapi aku terus dan terus berusaha.

ini keadaan minggu awal selada gw di Melung

sedikit curcol

Singkatnya, aku di acc dosen 1. Butuh waktu lama utk di acc dosen 2. Langsung seminar (ini paling bkin gw gabisa tdur nyenyak lbh srem drpd dadar krn dah lama ga presentasi dpn byk org takut dikira bege huhu) dan mungkin kalo yg lain abis seminar leha2, sedangkan gw masih dikejar skripsi krn dosen 2 blm revisi samsek.

Ini pas gw seminar






Setelah sekian lama sampe dosen 1 gw nanyaij mulu akhirnya gw ujian skripsi. Udah mumet ya jawab seadanya. Pas mau ujian sama dosen 2 killer gw gw sampe belajar di cafe bawa buku wkwk:( temen2 gw dr UMP dan mas2nya juga bilang mereka anak UMP jarang ke Unsoed tp gw bolak balik sampe ke sekre, kantin2 disekitar sama minjem buku di perpusnya pake KTM temen haha) dan gaada yg keluar dong sepanjang gw belajar, langsung ditanya yang susah2 dan ngitung2 2 jam. Pdahal gw gasuka ngitung. Kaget dan panik saat bapaknya suruh hitung ulang. Alhamdulillah gakpapa. Dan gw bisa beres urusan sama bapanya sebelum bapaknya naik haji(kalo belum brres bisa repot hehe) semoga mabrur ya Pak Hajinya. Trus jg yg gw inget pas lagi sakit udah abis mnum obat tarik selimut mau tdur siang ujannya gede, tetiba ujian skripsi gw yg tdinya ditunda dilaksanakan waktu itu jg krn dosen chat di wa dadakan. Langsung melompat gw ngambil mantel dan bawa mtor ngebut kekampus haha:')


Beres ujian langsung ngurus pendadaran (untung tes toefl/uept udah jauh2 bulan wkwk iseng diajak temen alhamdulillah lulus sekali tes doang jadi gaperlu bayar lagi dan belajar serta les lagi walaupun temen gw lulus dluan hmm). Lelah gak gw hiraukan. Gw jg pusing ada urusan di RS tp gw bomat dulu. Singkatnya gw dadar, dan materinya bener2 diluar bidang gw semuanya dan gw jawab sebisanya sampe nangis wkwk :(

Ini pas pendadaran dan yudisium








Gw ga nyangka. Temen2 banyak yang lulus 2018 dan akreditasi Unsoed masih B (gw smpet kecewa jg mulai dr wish ultah lulus bareng dan gw ditinggal, target lulus dari september, desember sampe maret kelewat semua wakakak). Tapi walaupun gw sempet ketunda lulus alhamdulillah akreditasi udah A baik prodi maupun univ gw. Dosen gw killer, tapi gw bisa cumlaude (asli gak nyangka bgt. Dulu pikirannya mah yg penting lulus udah ga mikirin cumlaude apa engga boro2 mikirin univ laen). Gw bangga. 

Gw bangga krn gw gak gampang njalanin penelitian gw dr nol bahkan sempet ngulang. Gw liat temen2 gw kek gak banyak lika liku tiba2 lulus cepet. Sempet pusing, tp gw bersyukur. Gw lulus tepat pada waktunya. Waktu yang ditentukan Allah. Gw ngerasa seolah2 perjuangan gw terbayarkan. Untuk Agrotek reguler periode Juni yang 2014 gw alhamdulillah cumlaude. Gw bangga atas pencapaian, kerja keras, keringat, dan untung gak nangis (darah) saat itu. Gw ga nyangka bisa seperti sekarang. Alhamdulillah. (Kocak momen adl pas balik abis wisuda ketika hp bokap di gw, hp nyokap mati dan kita saling mencari di graha:( parkiran mobilnya pindah sampe gw cariin jalan kaki pake sepatu hak hmm teol:'))

Ini foto wisuda gw








Terimakasih Allah, orangtua dan temen2 yang selalu dukung gw langsung dan tidak langsung, walaupun mgkn gw sedikit introvert dan temen gak banyak (tapi gw trrharu hadiah semhas, pendadaran dan wisuda gw banyak banget bunga boneka krrudung bantal dll padahal gw sempet berpikir gw gak ngurusin hadiah paling dikit krn temen gw dkit tp ternyata masyaAllah:')). Lavyahh semuanya:*








Belum tentu gw di univ lain bisa dapet crrita yg begitu berwarna. Gw yg pengen hidup di kota gede bisa ke puncak cipanas bareng temen peminatan gw, ke bogor ke kebun raya pas survey PKL walaupun gak jadi PKL disana, ke jakarta keliling pas ke metro bareng UKM gw, ke Batu krn PKL dan masih banyak lagi yang gw bisa kunjungin walaupun gw kuliah disini. Gw buktikan kalo kita bisa punya jalur utk menggapai impian kita tanpa berpatokan pada 1 jalur aja.

Ini foto gw di cipanas bareng anak2 horti






Mungkin segitu dulu ya tulisan gw kali ini. Banyak yang tak tertulis krn kalo ditulis bakal berhari2 berbulan2 bertahun2 wkwkkw. Udah lewat tengah malem dan gw gamau diomelin nyokap krn blm tdur(gak ngantuk efek tdur siang). Kalo dirumah harus tidur gasik (beda sama dikosan yg telat tdur kdang krn marathon film horror) dan skrg jam 01.23 wkwk. makasih lagi udah sempetin baca tulisan gw yang panjang syekali hehe (ngalor ngidul acak adul "apatuh revisi kek pernah denger"). Nulis di blog gw jarang tp enak bisa sepanjang apapun haha. tuh kan tiba2 kelar wkwk. Tujuan gw nulis selain utk brrbagi cerita dan pengalaman jg utk kenang2an gw nanti kalo gw udah berkeluarga dan menua, dibaca oleh anak cucu :')


Ini bonus. Foto gw pas iseng nyanyi di festival kuliner taman kota andhang pangrenan (gw pling niat haha:( dan abis itu langsung lomba senam maumere dan saingannya niat2 bet konstumnya haha yg penting pede) sama pas pamitan sama anak panti zheyeng

Gw ambisius, dan pernah down ktika target gw gak trrcapai. Tp percayalah, jika kita mengikuti alur semesta maka akan ada jalan. Percayalah, ada nya pelangi yg indah setelah badai itu benar:)) eh eh, gw punya moto baru nih "i don't like to take the right decisions, but i take the decisions  and make them right"anjayy ngena bet. Terakhir, doain gw biar cepet dapet kerja di Depok biar bisa nemenin lilik hehe..
Doain gw jg biar bisa ke amerika suatu saat nanti krn gua suka bgt negara itu dr orang2nya, artis, aktor, lagu, festival, kartun sampe film horror dll sampe gw mikir kalo kesana cuma duduk dijalanan doang udah seneng gw hahaha...


*buat yg nanya2 mulu kenapa gw g lanjut S2, krn gw udah pengen kerja dan imo kerja itu lebih fokus beda sama kuliah banyak pemikiran haha (kalo kerja mikir jg sih tp jangka panjang buat hidup kedepannya), yg bilang kuliah enak ya ada gaenaknya juga. Trrgantung orangnya nyikapinnya gimana, ditambah adek gw 2 cowo udah pd mau kuliah jadi sekarang giliran mereka*


Well semoga kalian selalu sukses. Kejar terus mimpi kalian!! Semoga bisa menginspirasi banyak orang:)
Good Night, Buenas noches eh Selamat Malam! Eh Udah pagi hehe :v
Semesta Mendukungmu✨


-diketik dg hp samsung 3g trun mesin yg bntar lagi ganti wkwk, blog dlu bkin sama agc, background jadoel gapapa sayang kalo diganti, old but gold-

1 komentar:

michelle mengatakan...

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217