Sabtu, 02 September 2017

Cara Cegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Karena Mengonsumsi Daging Kambing: Idul Adha Sehat


Lagi-lagi daging kambing menjadi "korban" :v asumsi konsumen yang menyatakan bahwa daging kambing sangat beresiko untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ya, menurut sebuah penelitian The American Journal of Clinical Nutrition pada 2005, ternyata mengonsumsi daging apapun (tak hanya daging merah) secara berlebihan bisa berdampak pada tekanan darah tinggi. JAMA Internal Medicine menyarankan orang yang memiliki tekanan darah tinggi untuk beralih ke diet vegetarian. Dengan demikian, tekanan darah bisa terjaga stabil.

Namun guys, perlu diketahui bahwa tidak semua studi menunjukkan bahwa semua daging merah mencetuskan risiko tekanan darah tinggi. The American Journal of Clinical Nutrition pada 2006 mengungkapkan bahwa orang bertekenan darah tinggi berhasil menurunkan kadar kolesterol Anda dengan mengonsumsi daging. Nah untuk mengakalinya dirumah, anda juga bisa memisahkan lemak dari daging kambing atau sapi sebelum dimasak. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya tekanan darah tinggi.

Selain itu, ada beberapa tips-tips untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi):
1. Hindari Konsumsi Hewan Qurban Berlebih

Tips menghindari hipertensi saat Idul Adha yang pertama adalah menghindari konsumsi hewan qurban berlebih. Konsumsi daging kambing dan hewan lainnya dapat melebarkan pembuluh darah, pembuluh darah di jantung dan beberapa organ lain. Ini juga membuat risiko terkena hipertensi. Jadi, hindarilah konsumsi hewan qurban berlebih makanlah dengan porsi yang sedikit saja.

2. Kurangi Konsumsi Garam dalam Makanan Anda

Memakan daging kambing atau hewan qurban lainnya secara berlebih tentu akan meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam. Ini akan meminimalisir risiko hipertensi karena setelah mengonsumsi daging kambing atau hewan ternak lainnya dan Anda kurangi konnsumsi garam tentu bisa mengurangi risiko.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalium, Magnesium dan Kalsium

Salah satu cara meminimalisir dan menghindari hipertensi adalah konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Agar menghindari hipertensi dan risiko lainnya, mengonsumsi makanan ini bisa membantu.

4. Kurangi Minum Minuman atau Makanan Beralkohol

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari. Setelah mengonsumsi daging qurban yang mengandung kolesterol tinggi, cobalah untuk mengurangi alkohol. Ini bisa meminimalisir risiko hipertensi.

5. Olahraga Secara Teratur

Untuk menghindari hipertensi terutama setelah mengonsumsi hewan qurban, olahraga bisa menjadi tips jitu. Olahraga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.

6. Makan Sayur dan Buah yang Berserat Tinggi

Selain olahraga, tips menghindari hipertensi lainnya adalah memakan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk. Sayur dan buah yang berserat tinggi tidak hanya akan menghindari Anda dari hipertensi tetapi juga membuat tubuh lebih sehat.

7. Jalankan Terapi Anti Stres

Terapi stres berguna agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda. Ini menjadi salah satu tips menghindari hipertensi yang efektif. Setelah mengonsumsi banyak makanan lezat seperti hewan qurban, kadang orang merasa malas yang bisa berdampak terhadap emosi, terapi ini tentu sangat bermanfaat.

8. Berhenti Merokok

Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Setelah mengonsumsi daging hewan qurban yang berisiko menimbulkan hipertensi, berhenti merokok menjadi juga termasuk tips untuk menghindari hipertensi yang perlu dilakukan.

9. Hindari Obat yang Bisa Meningkatkan Tekanan Darah

Konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

Dikutip dari https://futureready.com/ dengan perubahan~

Tidak ada komentar: