Sabtu, 02 September 2017

Makanan dan Minuman Pencegah Kolesterol Karena Mengonsumsi Daging Kambing: Idul Adha Sehat


Hello guys, banyak yang bilang kalo mengonsumsi daging kambing cenderung lebih memacu kolesterol dibandingkan daging sapi. Pemikiran demikian tak ayal membuat sebagian orang terutama orang-orang dengan umur yang sudah jauh (wkwkwk nun jauh di mato :v) khawatir dan amat sangat berusaha menghindari daging terutama daging kambing. Ada juga yang bilang daging kambing bikin panas (panas dari mana yak, kalo masaknya pake cabe sebungkus ya iya panas :v). Padahal, udah tau belum guys, yang menyebabkan kolesterol tinggi pada daging kambing bukan karena dagingnya semata, tapi karena cara masaknya. Makanan olahan daging kambing yang banyak mengandung rempah dan santan kan juga memicu terjadinya kolesterol, misalnya saja rendang, sup dkk . So, kita harus cerdas dalam memasaknya sehingga tidak mengganggu kesehatan kita. Tapi buat pencegahan dan penindaklanjutan, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu mengurangi kolesterol jahat lhoo...

A. Makanan Pencegah Kolesterol

Mentimun atau Ketimun

Mencegah kolesterol dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi mentimun. Biasanya mentimun selalu disandingkan dengan makanan sate kambing, di mana penyajian mentimun ini bukan berarti tidak memiliki fungsi.

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah kolesterol meningkat. Selain itu mentimun juga kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mineral. Seperti, magnesium, kalium, mangan, dan silika. Tak heran mentimun sangat disarankan untuk dikonsumsi saat menyantap menu hidangan sate kambing.

Sayuran Kol atau Kubis

Sama halnya dengan mentimun, sayuran kol atau kubis ini selalu disajikan bersamaan dengan menu hidangan daging kambing seperti soto atau sate kambing dan menu hidangan lainnya yang kaya akan minyak.

Fungsi dari kol atau kubis dapat mencegah kolesterol Anda meningkat, sebab kol atau kubis kaya akan vitamin A, B kompleks, zat besi, kalium, ripoflavin, dan asam folat. Masing-masing kandungan tersebut memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, seperti mencegah kolesterol, mencegah kanker, membantu pembentukan sel darah merah, mengontrol tekanan darah tinggi, baik untuk jantung, dan berbagai manfaat lainnya.

Anggur

Mencegah kolesterol tidak hanya dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi sayuran saja, tetapi Anda juga bisa mencegah kolesterol dengan mengonsumsi buah-buahan seperti buah anggur.

Buah anggur kaya akan pektin yang merupakan sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain dapat mencegah kolesterol, Anggur juga menjadi sumber gula darah yang baik.

Anggur memiliki regulasi gula darah sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Kelebihan lainnya, buah anggur, terutama anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Setiap satu porsi anggur merah memberikan sekitar 16 miligram vitamin C sekitar 27 persen dari kebutuhan harian.

Dikutip seperlunya dri https://futureready.com/

Bayam

Bayam mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu, bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat jus. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas jus setiap hari. Selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat, hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.

Ikan salmon memiliki omega-3 untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ikan Salmon bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan sekitar 2 porsi dalam seminggu.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Kacang panjang mengandung banyak serat yang dapat memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang mede, walnut, hazelnut) kaya vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Namun jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol.

Gandum

Sereal dari gandum adalah salah satu jenis makanan penurun kolesterol selanjutnya. Kemampuannya yang sangat baik dalam membantu menurunkan kolesterol, trigliserida darah, serta bekerja untuk membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit diabetes.

Studi menunjukkan bahwa pengaruh buruk akibat kolesterol tinggi bisa dikurangi dengan mengonsumsi beta-glucan, sebagai salah satu jenis serat yang terkandung di dalam gandum.

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Selain oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, dan pir. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.

Buah Apel

Apel merupakan salah satu makanan penurun kolesterol karena mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat besar. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat jika mengonsumsi buah ini secara teratur.

Serat yang terkandung dalam buah apel ini saling bekerja sama dalam proses menurunkan kolesterol tinggi, membantu mencegah arteri yang mengeras, dan juga membantu mencegah penyakit stroke dan jantung.

Advokad

Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung asam oleat dan juga lemak tidak jenuh di dalamnya. Selain itu juga kandungan serat pangan yang ada di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol baik dan sehat dan menurunkan kolesterol jahat.

Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, maka Anda bisa mengonsumsi buah alpukat untuk dijadikan sebagai makanan penurun kolesterol.

Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selainkan menurunkan tingkat kolesterol jahat, omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

Beras Merah

Beras merah sangat dicari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, beras merah juga bisa membantu menurunkan kadar lemak darah karena adanya serat tinggi di dalamnya yang akan membantu menurunkan gula darah. Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam beras merah adalah jenis vitamin B, selenium, magnesium, serta fitonutrien.

Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri. Sebaiknya konsumsi bawang putih mentah ke dalam salad atau menu makanan lain.

B. Minuman Pencegah Kolesterol

1. Teh Hijau

Teh hijau diyakini bisa bantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu peminum teh hijau juga memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit jantung dan kanker.

Kandungan katekin dalam teh hijau juga berfungsi untuk menangkap radikal bebas sehingga sangat baik untuk dan bisa bantu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

2. Jus Anggur

Minuman segar yang satu ini juga diyakini bisa bantu turunkan kadar kolesterol. Jus anggur memiliki kandungan nutrisi yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol sehat tetap seimbang dalam darah.

Untuk wanita, disarankan minum sekitar 177 - 470 cc jus anggur setiap harinya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Tapi jus yang diminum jangan ditambah gula atau pemanis lainnya, ya. Di samping bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, jus anggur juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang baik untuk tubuh.

3. Yogurt

Disarankan untuk mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik sebanyak 200 mg per hari. Bakteri Lactobacillus dalam yogurt bisa memengaruhi kadar kolesterol dengan memecah molekul garam empedu. Jadi kalau kamu telanjur kebanyakan konsumsi daging, imbangi dengan minum yogurt yang cukup ya.

https://health.rakyatku.com/

Semoga bermanfaat^^

Tidak ada komentar: