Jumat, 15 September 2017

Sakit Kepala Sebelah Kanan atau Kiri Indikasinya Beda Gak Ya??


Sering sakit kepala sebelah kiri atau sebelah kanan?  Itu brarti beda gak yaa sebabnya udaah pada tauu belumm nihh?? Jangan bingung :D Dilansir dari alodokter.com, beda loh tanda sakit kepala sebelah kanan dan kiri itu, jangan diabaikan!  Kalo belum tau ayokk langsung aja kita bahas :))

A. Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh  begitu banyak hal yang terkadang sulit untuk didiagnosis. Berikut beberapa penyebab yang dapat dideteksi, yaitu:

Migrain kronis. Kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki riwayat migrain yang terjadi berulang dengan gejala sebagai berikut:

Dirasakan pada satu atau dua sisi kepala.
Menyebabkan rasa nyeri berdenyut sedang hingga parah.
Diperparah oleh aktivitas fisik harian.
Dapat menyebabkan sensitivitas berlebihan pada cahaya dan suara, serta timbul rasa mual dan muntah.
Hemicrania continua. Sakit kepala yang ditandai dengan gejala sebagai berikut:

Dirasakan hanya pada satu sisi kepala.
Terjadi dari hari ke hari secara terus menerus.
Dapat menjadi parah dengan gejala menyerupai migrain.
Kondisi ini dapat menyebabkan: hidung tersumbat atau justru berair serta mata merah pada bagian kepala yang terasa sakit.
Pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai.
Sakit kepala klaster. Serangan nyeri pada salah satu bagian kepala dan terjadi di sekitar mata. Kondisi ini sering dihubungkan dengan aktivitas pada bagian otak bernama hipotalamus. Sakit kepala klaster umumnya disertai dengan gejala:

Pupil pada salah satu mata mengecil.
Salah satu kelopak mata bengkak atau turun.
Mata berair dan merah.
Hidung berair atau justru tersumbat.
Telinga merah.
Wajah berkeringat.
Terkadang sakit kepala klaster dipicu beberapa hal khusus, antara lain:

Suhu panas.
Olahraga.
Konsumsi minuman keras.
Bau menyengat seperti aroma parfum, bensin, atau cat baru.
Kemungkinan penyebab lain. Selain penyebab-penyebab di atas, sakit kepala sebelah kanan dapat juga disebabkan hal lain seperti:

Infeksi seperti meningitis.
Peradangan atau gangguan dalam pembuluh darah di sekitar otak seperti stroke.
Tekanan dalam rongga kepala yang meningkat atau menurun.
Tumor otak.
Cedera otak.
Seseorang juga lebih berisiko mengalami sakit kepala sebelah atau lebih sering mengalami ketika sedang depresi, mengalami gangguan tidur, obesitas, cemas, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala.

B. Sakit Kepala Sebelah Kiri

Nah sedangkan sakit kepala sebelah kiri biasanya disebabkan oleh:

Migrain. Kondisi ini seringkali menyerang satu sisi kepala Anda, termasuk bagian kiri kepala Anda. Anda bisa menderita kepala yang berdenyut-denyut dan sakit yang menusuk disertai mual, muntah atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih.

Migrain sendiri belum diketahui pasti penyebabnya tapi diduga akibat gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa jadi dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bebauan atau suara.

Sinusitis. Kondisi ini kerap disalahartikan menjadi migrain. Anda mengalami sinusitis jika lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atau terinfeksi infeksi.

Sakit kepala tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, telat makan, ketegangan otot, dan postur tubuh yang tidak baik. Penderita mengalami gejala nyeri tumpul dan tekanan pada satu sisi kepala yang diiringi sakit pada leher dan bahu.

Sakit kepala klaster. Sakit kepala ini bisa dipicu oleh silaunya cahaya, kebiasaan merokok, narkoba, cuaca panas, dan berada di tempat tinggi. Selain sakit kepala sebelah kiri, Anda juga bisa mengalami hidung tersumbat atau berair, sakit pada mata, serta pembengkakan pada sebagian wajah.

Pria cenderung lebih sering terkena sakit kepala yang diyakini sebagai penyakit turunan ini. Sakit kepala ini bisa menyerang setiap hari selama periode waktu tertentu sebelum akhirnya menghilang untuk periode waktu tertentu pula.

Tumor otak. Sakit kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh tumor. Rasa sakit bisa menyerang ketika tumor di dalam tengkorak kepala telah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak padat dan ruang untuk perkembangannya sangatlah sempit, jadi jika tumor membesar akan memaksa mengisi area sempit ini, dan akibatnya akan menekan area lain sehingga akan menimbulkan rasa sakit kepala sebelah.

Stroke. Jika mengalami stroke, bisa jadi Anda akan merasakan sakit kepala sebelah kiri. Itu dikarenakan aliran darah ke area otak tertutup oleh gumpalan darah. Hasilnya sebagian otak akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Tidak hanya sakit kepala, Anda juga bisa mengalami mati rasa, tubuh lemah, sulit berbicara dan kehilangan koordinasi tubuh.

Selain hal-hal di atas, sakit kepala sebelah kiri juga bisa Anda alami ketika makan es krim, olahraga, dehidrasi, berhubungan intim, pengonsumsian obat-obatan pereda sakit atau kondisi kesehatan seperti sakit gigi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, aneurisma, dan arteritis sel raksasa.
Hati-hati ya gaes :))

Tidak ada komentar: