Jumat, 08 September 2017

Makanan dan Minuman Sumber Kalsium lengkap


🌿Berasal Dari Sayuran

1. Kale
Sayuran berdaun hijau ini tidak mendapat perhatian lebih seperti kedua kawannya: brokoli dan bayam. Mungkin Anda tidak asing dengan kedua sayur hijau tesebut, tetapi kale, pasti jarang dari Anda yang mengonsumsinya sebagai panganan penjaga kesehatan.

Nutrisi pada kale atau borecole sangat banyak. Vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6, K, zat besi, kolin, magnesium, fosfor, mangan, dan garam terkandung di dalam kale. Keberadaan nutrisi tersebut tentu menjadi sumber gizi yang optimal bagi keperluan tubuh.

Beberapa manfaat dari kale adalah sebagai makanan diet penurun berat badan yang rendah lemak. Pada secangkir kale hanya tersimpan 35 kalori. Kale juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Selain tanpa lemak dan sedikit kalori, kale juga dapat menyehatkan jantung dengan menjaga kolesterol tetap rendah.

2. Brokoli
Brokoli adalah sayuran hijau yang bentuknya unik, menyerupai pohon. Sebuah penelitian di Inggris melaporkan, serat pada brokoli dapat dimanfaat tubuh untuk meningkatkan pembentengan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron.

Para peneliti di University of Liverpool mengemukakan bahwa serat pada brokoli mempunyai manfaat positif bagi kesehatan usus. Salah seorangnya, Dr. Barry Campbell, mengatakan bahwa penelitian ini menjadi sebuah penemuan berharga karena memperlihatkan perbedaan komponen makanan diet yang memberi efek kuat dalam hal pergerakan bakteri di dalam usus.

Brokoli merupakan salah satu makanan yang juga mengandung vitamin B.

3. Edamame
Edamamae atau kedelai Jepang populernya – di Indonesia, adalah makanan super yang mengantongi vitamin A, C, fiber, dan protein dalam jumlah tinggi. Komposisi lain dari edamame adalah sejumlah mineral seperti magnesium, zat besi, dan kalsium. Sebagai sayuran hijau, edamame juga mengandung serat. Setengah cangkirnya berisi sekitar 4 gram serat.

Manfaat dari edamame sebagai makanan sumber kalsium:
Biji edamame mengandung antioksidan yang dapat meringankan kerja tubuh dalam membersihkan diri dari radikal bebas dan racun. Pada gilirannya akan berdampak baik untuk memperkuat kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan pada edamame bernama isoflavon dan saponin.
Menyimpan properti anti-peradangan yang berguna untuk mencegah arthritis (penyakit sendi) dan penderita asma.
Pada wanita, edamame dapat meredakan nyeri payudara.
Kandungan protein pada edamame yang dipanggang kering bisa membantu mempertahankan massa otot. Makanan dengan protein lengkap adalah makanan yang megnandung semua asam amino esensial, contohnya edemame.

4. Lobak Hijau
Lobak hijau adalah sayuran yang sangat berguna dalam mengatasi gangguan sistem saraf. Sayur ini dianjurkan untuk penderita gangguan sistem saraf dan gangguan penglihatan karena mengandung vitamin A. Menurut banyak peneliti, lobak memiliki agen anti-bakterial yang bila disusupkan pada tubuh bisa mencegah berbagai infeksi dan penyakit inflamasi tubuh lain.

Selain bertindak sebagai penunjang kesehatan berbagai organ dari dalam, ternyata lobak bisa difungsikan secara eksternal. Bagi yang mengalami rematik, sakit pinggang, neurutis, dan penyakit sendi lain bisa dibantu dengan menempelkan parutan lobak sebagai kompres alami.

Meski tidak ada sedikitpun kekurangan dalam hal pemberian manfaat terhadap kesehatan oleh lobak, tetap saja ada pengecualian. Orang dengan penyakit seperti gastritis, peptikum, ulkus, inflamasi usus, dan ginjal tidak dibolehkan mengonsumsi lobak hijau.

5. Okra
Semoga Anda tidak asing dengan nama sayuran ini. Okra yang biasa disebut sebagai jari wanita merupakan tanaman genus hibiscus penghasil serat yang banyak dilestarikan di daerah beriklim tropis dan hangat. Tanaman sayur ini awal dijumpai di dataran Afrika, namun sekarang sudah tersebar ke berbagai negara seperti Jepang, Arab Saudi, Srilanka, hingga melipir ke Amerika dan Eropa.

Okra menyimpan sejumlah manfaat berkat gizinya, antara lain:
Okra adalah salah satu sayuran yang rendah kandungan kalorinya. Pada 100 gram okra hanya terbelit 30 kalori. Tidak hanya itu, okra juga terbebas dari kandungan lemak buruk pemicu kolesterol. Hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Apalagi okra merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, mineral seperti kalsium, dan vitamin.
Okra memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah cukup yang berguna bagi penunjang kesehatan mata. Tidak hanya untuk mata, vitamin A juga diperlukan oleh kulit untuk menjaga selaput lendir sehingga membuatnya selalu sehat dan terjaga.
Diketahui bahwa tanaman okra segar menjadi satu penghasil folat yang baik. Mengonsumsi makanan yang tinggi folat baik –untuk wanita hamil, sangat berguna bagi janin agar terhindar dari risko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.

6. Bayam
Sayur hijau yang menjadi makanan yang mengandung vitamin E favorit anak-anak ini memberikan kalsium dalam jumlah yang tidak sedikit. Banyak yang menyarankan untuk menjadikan bayam sebagai pelengkap menu makan 4 sehat 5 sempurna. Kita bisa membuat sayur bening atau sup.

Manfaat dari bayam:
Pada bayam terdapat serat, folat, vitamin A, dan C yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Sebuah riset memaparkan informasi bahwa kandungan pada bayam ternyata mampu menurunkan risiko terhadap kanker sebesar 34%. Kanker yang bisa dicegah oleh bayam antara lain kanker rahim, prostat, payudara, dan kanker perut.
Bayam yang berkolaborasi dengan wortel menjadi makanan super sehat yang baik untuk melindungi kesehatan mata.
Biasakan untuk mengonsumsi bayam setidaknya 5 kali dalam seminggu. Dengan menerapkan pola makan sehat tiap hari semacam ini, Anda akan terhindar dari serangan jantung.

🍏Berasal Dari Buah-buahan

1. Kumquat
Apa itu Kumquat? Kumquat adalah buah yang tampak mirip dengan jeruk, warnanya oranye, kebanyakan mempunyai rasa manis. Buah ini berasal dari China, kemudian mulai di tanam juga di Jepang, dan kini sudah mudah ditemukan di Amerika Utara.

Sebagai keluarga jeruk-jerukan, rasanya kurang afdol bila hanya bisa dinikmati rasanya. Kumquat menyimpan sejumlah manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko kanker usus besar dan menangkal radikal bebas pemicu kerusakan DNA karena adanya kandungan vitamin C.

2. Blackcurrant
Buah ini mempunyai bentuk mirip dengan buah anggur, dengan warna hitam keunguan, dan ukurannya lebih kecil dari anggur. Buah ini berasal dari Eropa pada abad ke-17, lalu tersebar ke negara-negara di Asia Utara. Buah blackcurrant mengandung vitamin. Kandungan vitamin yang paling tinggi adalah vitamin C, yaitu sebanyak 302% dari jumlah asupan harian per 100 gramnya.

Manfaat dari blackcurrat tidak main-main, beberapa diantaranya adalah untuk mencegah penyakit jantung, bertindak menghambat pertumbuhan sel kanker, mengatasi encok, mencegah flu, mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh, mencegah sakit tenggorokan, mencegah Alzheimer, membentengi tubuh dari penyakit, meredakan rasa sakit saat menstruasi, dan melawan alergi.

3. Buah Ara
Buah ara atau buah tin adalah tumbuhan buah yang berasal dari Asia Barat. Harga dari buah ara cukup mahal, jadi tidak banyak yang mengonsumsinya. Padahal, buah ara ini memberi banyak dukungan bagi kesehatan tubuh dengan banyak memberikan tindakan kimiawi seperti menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, melindungi jantung akibat dengan mengontrol tekanan darah, menjaga stabilitas jumlah gula darah sehingga tidak memicu diabetes.

4. Buah Kiwi Hijau
Buah kiwi termasuk ke dalam makanan yang mengandung tinggi kalsium. Silakan dilihat apa manfaat dari buah kiwi:
Kiwi mentah mengandung enzim actinidan yang dapat membantu proses pengolahan makanan yang cara kerjanya mirip dengan papain pada pepaya dan bromelain pada nanas.
Sebuah studi menunjukkan adanya kemampuan antioksidan pada buah kiwi untuk melindungi DNA dan sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli merumuskan bahwa hal ini dapat membantu menekan risiko kanker lebih kecil.
Serat pada buah kiwi akan membantu sistem pencernaan Anda terbebas dari racun dengan membawanya dari saluran pencernaan.

5. Jeruk Nipis
Buah yang biasa diperas sebagai minuman penyegar ataupun pemberi tambahan cita rasa pada makanan berkuah ini dianggap sebagai adiknya jeruk lemon yang sama-sama mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Tidak hanya itu, ternyata jeruk nipis juga disebut-sebut sebagai makanan yang mengandung kalsium cukup.

Pada satu buah jeruk nipis ukuran biasa mengandung sekitar 80 mg kalium, 15 mg kalsium, dan 5 mg magnesium. Mineral pada jeruk nipis ini bila dikonsumsi secara rutin dapat menjaga tekanan darah dalam jumlah rendah dan stabil. Tidak hanya itu, magnesiumnya memiliki tugas untuk mengirim energi, menjaga fungsi otot, dan pembentukan protein.

🐋Berasal Dari Makanan Laut

Ikan Salmon yang ikut ke dalam kelompok makanan yang mengandung vitamin D.
Ikan Sarden
Udang
Kerang

🍮Berasal Dari Produk Olahan

Tempe
Tahu Tofu
Susu Kedelai
Crackers
Oatmeal

🌰Berasal Dari Kacang-kacangan

Kacang Putih
Kacang Kedelai
Kacang Almond yang juga tergabung ke dalam makanan yang mengandung protein tinggi
Biji Wijen

http://www.healthaliciousness.com/articles/high-calcium-fruits.php
http://www.medicalnewstoday.com/articles/248958.php

Tidak ada komentar: